Kamis, 19 Maret 2015

Maraknya Budaya Kpop di Indonesia




Siapa yang tidak pernah mendengar korea pop ?? tentu saja hanya segelintir kecil orang yang tidak pernah mendengarnya. Korea pop atau biasa disebut dengan K-POP kini sedang jadi sorotan dan pembicaraan di masyarakat umum. Trend K-POP marak khusunya di kalangan remaja. Dapat kita lihat betapa banyak remaja yang menggandrungi K-POP tersebut.
Lagu-lagu korea suda terasa lumrah dimulut para K-POPERS sebutan bagi para K-POP lovers. Bukan hanya lagu-lagu korea yang mereka sukai dari K-POP, tapi wajah-wajah sang penyanyipun menjadi hal yang menarik perhatian bagi para K-POPERS. Sebagian besar menyatakan bahwa mereka menyukai korea pertama dari wajah-wajah aktor maupun penyanyi yang bisa dibilang berwajah “flower boy” atau lelaki cantik. Kini, wajah-wajah seperti itulah yang menjadi ukuran wajah yang sempurna. Bagi para k-popers wanita, mereka akan cenderung beralih tipe pria idaman menjadi seperti para aktor atau penyanyi korea. Bagi para k-popers pria, mereka akan merubah pandangan tipe ideal mereka menjadi seperti para aktris ataupun penyanyi wanita korea. Contoh saja para personil Girls Generation atau SNSD yang menjadi idola remaja pria masa kini.
Bukan hanya itu, gaya berpakaian hingga model rambut para aktor maupun penyanyi korea menjadi trend masa kini. Dapat dijumpai banyak remaja pria Yogyakarta yang meniru gaya para penyanyi korea tersebut, mulai dari rambut, gaya pakaian, cara berjalan, hingga dance-dance girlband maupun boyband korea dapat dengan lancar ditirukan.
Melalui dunia entertain tersebut, secara tidak langsung membawa budaya K-POP masuk ke lingkup masyarakat masa kini. Tayangan-tayangan korea di televisi menjadi program unggulan yang dinantikan khusunya bagi para remaja. Bukan hanya itu, laptop para remaja masa kini didalamnya dipenuhi dengan file-file yang berbau korea, baik drama, music video, maupun reaity dan variety show korea. Dampa budayaisasi korea ini menggeser perlahan budaya indonesia itu sendiri.
Budaya korea dengan mudahnya membuat sebagian besar remaja indonesia menjadi pecandu korea pop itu sendiri. Kenapa begitu mudah korea masuk ke indonesia?? ketika saya melakukan beberapa wawancara dengan remaja yang gandrung akan K-POP, kebanyakan dari mereka menjawab bahwa K-POP lebih menarik dari I-POP (indonesia pop). Ketika saya kembali bertanya apa yang membuat K-POP lebih menarik dari I-POP?? Mereka menjawab bahwa para boyband atau girlband yang debut sebgaai korea pop memiliki kualitas, karena para penyanyi maupun aktor korea sebelum debut, mereka mendapatkan training atau pelatihan yang biasanya memakan waktu tahunan. Pelatihan itu benar-benar membutuhkan tenaga yang keras karena para calon ator maupun penyanyi dituntut untuk terus berlatih dari hari ke hari. Dan itulah yang membuat mereka benar-benar siap berdiri didepan layar kaca dan memberikan yang terbaik untuk audience itu sendiri.
Bagi para K-POPERS mendengarkan dan melihat video korea merupakan obat ampuh untuk menghilangkan rasa lelah dan pikiran yang kacau. Dari budaya korea tersebutlah para K-POPERS juga mendapatkan ilmu baru, mereka mengaku mulai mempelajari bahasa korea dan tulisan korea (hangeul) dengan cepat. Mereka juga mengaku mendapatkan kemudahan saat mempelajarinya karena rasa suka dan rasa tertarik yang muncul dalam diri mereka terhadap korea itu sendiri.
Ya, dalam hal memperluas pengetahuan memang merupakan efek positif dari K-POP. Namun, rasa fanatik itulah yang membuat terkikisnya budaya indonesia dalam diri para k-popers secara perlahan.
Mengaca dari fenomena tersebut, harusnya menjadi perbaikan untuk entertain di indonesia itu sendiri agar ladang entrtaiment tidak terserap habis oleh maraknya budaya K-POP yang semakin hari semakin menjalar di kalangan remaja negeri ini.

 Sekarang,bagaimana menurut anda???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar